Post Page Advertisement [Top]

EdupreunershipKegiatanPGMI STIQ AmuntaiProdi PGMIStudi Banding

Studi Banding Mahasiswa STIQ Amuntai ke Rumpin (Rumah Pintar) HSU

Studi Banding Mahasiswa (i) Sekolah Tinggi Ilmu Qur'an (STIQ) Amuntai ke Rumpin (Rumah Pintar) Hulu Sungai Utata (HSU). Ini merupakan kegitan Perdana yang dilaksanakan oleh Mahasiswa (i) STIQ Amuntai dalam rangka meningkatkan Education dibidang Pendidikan yang terkait dengan mata kuliah Edupreunership.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, mata kuliah Edupreunership adalah mata kuliah yang diwajibkan oleh pemerintah agar di ajarkan di perguruan tinggi baik perguruan tinggi swasta atau negeri. Mata kuliah Edupreunership dilaksanakan dalam 2 semester dengan ketentuan di semester pertama adalah pembelajaran yang terkait dengan teori. Kemudian baru pada semester kedua diajarkan praktik langsung.
Studi Banding Mahasiswa STIQ Amuntai ke Rumpin (Rumah Pintar) HSU
Mata kuliah Edupreunership ini merupakan solusi bagi pemerintah untuk menanggulangi lulusan perguruan tinggi yang jumlahnya tidak terbendung di setiap tahunnya, namun lapangan pekerjaan tidak bisa memenuhi lulusan perguruan tinggi. Dengan diajarkannya mata kuliah edupreunership, maka lulusan perguruan tinggi tidak lagi kebingungan untuk mencari lapangan pekerjaan, bahkan nantinya lulusan perguruan tinggi bisa membuka lapangan pekerjaan.

Ini merupakan terobosan pertama yang dilakukan Dosen Muda Syarifuddin, S. Pd. I., M. Pd selaku Pengampu Mata kuliah Edupreunership Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ) Amuntai. Dalam kegiatan tersebut Mahasiswa (i) STIQ Amuntai disambut langsung oleh Bapak ARIFIN selaku penanggung jawab rumah pintar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin 26 Agustus 2019 pada jam 09.30-11.00.
Kegiatan Studi Banding Mahasiswa STIQ Amuntai ke Rumpin (Rumah Pintar) HSU
Dalam kegiatan tersebut banyak ilmu yang didapat oleh mahasiswa (i) STIQ Amuntai seperti terkait tentang bagaimana mendirikan lembaga pendidikan, menjalankan lembaga pendidikan, hingga mencari dana untuk keberlangsungan lembaga pendidikan. Mahasiswa (i) juga diberikan education tentang perekrutan tenaga kependidikan di Rumah Pintar (Rumpin) Tunas Harapan HSU.

Rumpin merupakan sebuah lembaga yang bergerak dibidang pengembangan masyarakat. Di dalamnya banyak terdapat beberapa kursus seperti kursus menjahit, kursus komputer dan seni. Sekarang Rumpin HSU Memiliki lembaga pendidikan yang bergerak di tingkat anak-anak yaitu Taman Kanak-kanak TK, dengan nama TK Tunas Harapan.

Tidak banyak orang tahu tentang Rumpin, saat kegiatan studi banding, ada salah satu mahasiswi mengatakan “saya baru tahu bahwa ada lembaga seperti ini”. Rumpin merupakan lembaga yang didirikan atas usulan almarhum ibu ani Yudhoyono atau istri dari bapak Presiden RI yang ke- 6 Jendral TNI Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, M.A., GCB., AC. Sekarang Rumpin HSU dikelola oleh ketua penggerak tim PKK HSU ibu Hj Anisah Rasyidah Wahid atau istri dari orang nomor satu di Amuntai bapak bupati Drs. H. Abdul Wahid, H.K., M.M., M.Si.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]